Cara Diet Untuk Ibu Menyusui
Cara Diet Untuk Ibu Menyusui

PortalKuningan.Com – Bagi kebanyakan wanita menjaga berat badan pada posisi yang ideal adalah suatu keharusan. Terlebih untuk usia yang terbilang masih muda, mereka akan lebih percaya diri ketika memiliki postur tubuh yang proporsional. Tubuh wanita dengan pria ini berbeda, tubuh wanita cenderung lebih mudah untuk mengalami peningkatan pada berat badan.

Kendala seperti itu sangat mengkhawatirkan bagi wanita menyusui. Tetapi tenang saja, pada artikel ini akan berbagi tentang cara diet ibu menyusui agar tetap langsing dan sehat. Memiliki berat badan yang ideal menjadi sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan wanita. Maka dari itu yuk langsung saja simak ulasannya.

10 Cara Diet Untuk Ibu Menyusui Agar Langsing Dan Sehat

Berikut merupakan cara diet alami untuk ibu menyusui, diantaranya :

Baca juga : 8 OLAHRAGA YANG BISA DILAKUKAN WANITA HAMIL

1. Beberapa makanan yang dianjurkan saat menyusui.

Beberapa makanan yang dianjurkan saat menyusui
Beberapa makanan yang dianjurkan saat menyusui

Untuk ibu menyusui sangat dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, beras merah, mengkonsumsi susu olahan yang rendah lemak, daging tapa lemak, sangat di anjurkan mengkonsumsi ikan salmon, telur, roti gandum utuh, serta sayuran hijau.

2. Kalori yang dibutuhkan ibu menyusui.

Kalori yang dibutuhkan ibu menyusui
Kalori yang dibutuhkan ibu menyusui

Kebutuhan kalori untuk ibu menyusui secara umum lebih besar dari wanita yang tidak menyusui yaitu sekitar 400-500 kalori setiap harinya. Akan tetapi pada masing-masing wanita menyusui ini berbeda bergantung pada intensitas olehraga yang dilakukan, kekebalan metabolisme tubuh, berat badan serta frekuensi menyusui bayi.

3. Tetap jaga suasana hati agar tidak stres.

Tetap jaga suasana hati agar tidak stres
Tetap jaga suasana hati agar tidak stres

Kebanyakan wanita terlalu khawatir sampai merasakan stres ketika memikirkan berat badan pada saat menyusui. Suasana hati yang stres menyebabkan meningkatnya pola makan sehingga menyebabkan berat badan menjadi meningkat.

Maka dari itu untuk ibu menyusui ada baiknya untuk selalu menjaga mood tetap enjoy melakukan setiap aktivitas serta selalu bahagia.

4. Waktu tidur yang cukup.

Waktu tidur yang cukup
Waktu tidur yang cukup

Waktu tidur terkadang sulit untuk diaplikasikan secara teratur, karena pada dasarnya bayi masih memerlukan asupan ASI yang lebih banyak. Hampir setiap jam ibu perlu menyusui anaknya. Pola seperti inilah yang harus ibu cermati untuk mencari siasat tepat mengatur waktu tidur yang cukup.

5. Olahraga secara teratur.

Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur

Aktivitas yang pada menjadi halangan ibu menyusui untuk melakukan kegiatan olahraga. terkadang ada yang sampai tidak pernah olahraga sama sekali saat menyusui. Tetapi taukah kalian bahwa olahraga saat menyusui itu sangat penting demi menjaga kondisi tubuh agar tetap langsing dan sehat.

Banyak olahraga yang bisa dilakukan ibu menyusui di rumah, seperti senam yoga atau memanfaatkan benda rumah sebagai properti untuk olahraga.

6. Memperbanyak asupan minum air putih.

Memperbanyak asupan minum air putih
Memperbanyak asupan minum air putih

Survei membuktikan bahwa 60-70% kandungan dalam tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu memperbanyak asupan minum air putih sangat perlu. Demi menjaga stabilitas kesehatan ibu saat menyusui. Konsumsi air yang cukup akan memperbanyak produksi ASI pada ibu menyusui.

7. Menyusui tanpa ada batasan secara konsisten.

Menyusui tanpa ada batasan secara konsisten
Menyusui tanpa ada batasan secara konsisten

Untuk mengembalikan postur tubuh seperti sebelum menyusui caranya adalah terus menyusui tanpa ada batasan. Karena berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa menyusui yang dilakukan secara konsisten selama 6 bulan akan mengembalikan berat bada ibu seperti sebelum menyusui.

8. Dianjurkan untuk sering makan walaupun hanya sedikit.

Dianjurkan untuk sering makan walaupun hanya sedikit
Dianjurkan untuk sering makan walaupun hanya sedikit

Tak ada yang melarang ketika ibu menyusui ini sering makan. Karena pada dasarnya itu sangat diianjurkan. Ibu menyusui perlu asupan makanan lebih untuk memberikan ASI yang cukup kepada anaknya. Asal yangan terlalu banyak pasa setiap kali makan, cukup dengan cemilan buah-buahan atau makanan dengan kalori yang cukup.

9. Jangan melakukan diet ketat.

Jangan melakukan diet ketat
Jangan melakukan diet ketat

Boleh melakukan diet  saat menyusui, akan tetapi tidak boleh terlalu ketat. Diet yang terlalu ketat akan berakibat kurangnya asupan gizi, vitamin juga kalori yang dibutuhkan ibu menyusui dan anak. Lakukan diet sehat demi menjaga asupan ASI yang cukup untuk anak.

10. Lakukan seperti biasa pekerjaan rumah.

Lakukan seperti biasa pekerjaan rumah
Lakukan seperti biasa pekerjaan rumah

Pekerjaan yang biasa dilakukan dirumah adalah mencuci pakaian, mencuci piring, menjemur pakaian, menyapu lantai membersihkan jendela dari debu dan masih banyak lagi yang lainnya. Saat menyusui sangat bisa melakukan pekerjaan itu akan tetapi dengan intensitas yang lebih sedikit tentunya dibanding sebelum meyusui.

Aktivitas seperti itu akan membuat ibu menyusui tatap dalam kondisi serta emosi hati yang stabil. Tanpa memikirkan hal negatif kepada bayi.

Itu beberapa cara diet ibu menyusui yang bisa dulakukan untuk selalu langsing dan sehat. Kalau ada yang kurang boleh ditambahkan pada kolom komentar ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Obat alami menurunkan berat badan yang aman saat menyusui